Monday, May 23, 2016

Hidup Mandiri

Ada beberapa keluarga yang mengira saya masih tinggal bersama mertua, memang rata-rata seperti itu. Jika tidak dengan orang tua ya mertua. Tapi saya dan istri sudah membuat komitmen ketika sudah menikah akan hidup mandiri.

Bagi saya tidak sulit sebab saya sudah biasa hidup mandiri, semenjak kuliah sudah tidak merepotkan orang tua, alhamdulillah saya bisa bertahan sampai lulus kuliah dengan beasiswa. Untuk bertahan hidup saya freelance di beberapa instansi pemerintah dan swasta, juga sebagai pengajar les private, pengajar di lembaga pendidikan Diploma 2 dan sebagai asisten lab. Semua saya jalani untuk bertahan hidup.

Setelah menikah kita memiliki keluarga baru, memiliki tanggung jawab baru. Semua perlu dijalani sebagai pelajaran baru, jadi kapan bisa mandiri kalo masih ikut orang tua?

Hidup mandiri memang lebih sulit, tapi akan berbanding lurus dengan cara kita berfikir. Tidak melulu dikit dikit tanya Bapak, tanya Ibu. Waktunya untuk berani mengambil keputusan. Keputusan salah itu biasa namanya belajar, tapi kita harus mampu belajar dari pengalaman.

Walaupun saat ini masih kontrak rumah, tapi kita bahagia, mampu mengelola sendiri keluarga kecil kita. Hidupku adalah hidupku, hidupmu adalah hidupmu, sudah senang kita yang menjalani.

No comments:

Post a Comment